Kamis, 04 Oktober 2012

Etika Profesi Akuntansi



11.     Apa perbedaan etika dengan etiket?
Jawab :
Etika yang berarti watak kesusilaan atau adat suatu kebiasaan atau bahasa yunaninya adalag “ Etos”. Atau suatu kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik dan benar dan mengetahui dan menghindari perbuatan yang buruk.
Sedangkan etiket adalah suatu aturan yang di buat dalam lingkungan atau kalangan yang mengharuskan berperilaku baik serta bertatakrama yang baik yang harus dipatuhi.

22.    Apa yang di maksud dengan etika profesi akuntansi?
Jawab :
Ilmu yang membahas mengenai perbuatan baik dan buruk manusia sejauh yang dapat di pahami pikiran manusia. Serta etika profesi akuntansi juga terdapat suatu kesadaran yang kuat yang dapat memberikan jasa  atau keahlian profesi akuntansi yang baik bagi yang membutuhkannya.

33.   Sebutkan faktor – faktor yang mempengaruhi pelanggaran etika ?
Jawab :
1.      Kebutuhan individu
2.      Tidakanyanya pedoman
3.      Suatu prilaku dan kebiasaan individu yang terakumulasi dan tidak dikoreksi
4.      Suatu lingkungan yang tidak etis
5.      Dan prilaku dari suatu komunitas

44. Sebutkan jenis – jenis Etika ?
Jawab :
a.       Etika Neskriptif
Suatu etika yang menelaah secara kritis dan rasional tentang sikap dan prilaku manusi, serta apa yang di kerjakan oleh setiap orang sebagai suatu yang bernilai atau suatu yang nyata / fakta yang membudaya.
b.      Etika Normatif
Suatu etika yang menetapkan berbagai sikap dan suatu prilaku yang ideal dan memang seharusnya di miliki oleh setiap orang, serta etika ini dapatmenuntun agar manusia bertindak baik dan untuk menghindari hal yang tidak baik atau buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar